Resep Kue Pancong Gurih Manis

Resep Kue Pancong Gurih Manis – Kue yang satu ini yakni salah satu resep kuliner indonesia kudapan manis tradisional yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Camilan yang satu ini mempunyai cita rasa yang sangat lezat dan unik. Rasa manisnya berpadu dengan gurihnya kelapa yang ada di dalamnya. Dalam penyajianya, kudapan manis pancong mempunyai cara saji yang berbeda – beda. Di bandung sendiri, kudapan manis pancong ini disajikan dengan menggunakan saos yang pedas. Sedangkan di jawa tengah, kudapan manis ini disajikan menggunakan taburan gula pasir di atasnya. Meskipun aneka macam penjual yang menjual kudapan manis pancong ini, tak ada salahnya Anda mencoba membuatnya dengan resep di bawah ini.

kudapan

Bahan – materi membuat kudapan manis pancong :
  • 300 gram tepung beras dengan kualitas bagus. Sebelum anda menggunakan tepung beras ini, Anda harus mengayaknya terlebih dahulu biar adonan dapat lebih halus.
  • 1 buah buah kelapa dengan ukuran sedang. Pilih kelapa yang tidak terlalu renta biar kudapan manis pancong yang anda buat terasa lebih gurih.
  • 650 ml santan yang dihasilkan dari perasan buah kelapa. Alternatif lain yakni Anda dapat menggunakan santan instan kalau Anda mau.
  • Garam secukupnya saja
  • Untuk taburan di atasnya, Anda dapat menggunakan gula pasir, cokelat, keju dan masih banyak lagi yang lain.
Cara membuat kudapan manis pancong yang manis dan juga gurih
  1. Rebus santan yang akan Anda gunakan sampai mendidih. Dalam merebus santan ini, pastikan Anda melakukanya sambil diaduk aduk biar kualitas santan yang dihasilkan  indah dan tidak pecah. Setelah santan tadi matang diamkan sejenak  biar hirau taacuh kemudian gres dicampur dengan materi lain.
  2. masukkan tepung beras yang telah diayak dan garam dapur serta kelapa parutnya. Kemudian Anda aduk ketiga materi diatas sampai tercampur dengan rata sempurna.
  3. Setelah itu Anda dapat menuang santan yang telah hirau taacuh ke dalam adonan tepung perlahan – lahan sambil di aduk biar tercampur dengan rata.
  4. Langkah selanjutnya yakni dengan menyiapkan cetakan kudapan manis pancong di atas api sedang sampai panas.
  5. Oleskan sedikit minyak biar tidak lengket sebelum Anda menuang adonan ke dalam cetakan.
  6. Tunggu sampai matang atau pinggiranya bermetamorfosis cokelat.
  7. Sajikan hangat – hangat
Demikianlah resep kudapan manis pancong yang dapat disajikan saat hirau taacuh atau pada sore hari sambil berkumpul dengan keluarga. Anda dapat menambahkan toping di atasnya sesuai dengan kreasi Anda.

0 Response to "Resep Kue Pancong Gurih Manis"

Posting Komentar